SMA 1 Palu Dukung Tes Virgin Secepatnya

Pernyataan tidak setuju terkait tes keperawanan untuk siswi sekolah menengah atas (SMA) sederajat bermunculan dari berbagai kalangan. Namun berbeda dengan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Negeri I Palu, Budiono SPd, yang sepakat tes keperawanan.

“Kalau pendapat pribadi, saya mendukung jika tes keperawanan diberlakukan selama itu tidak melanggar hak privasi seseorang,” kata Budiono, Selasa (20/8/2013).
Namun saat ini, kata Budiono, tes keperawanan terhadap siswi SMA belum perlu diberlakukan. Selain itu, dia menilai rencana ini sulit diterapkan karena tes keperawanan bukan ukuran utama seorang siswi untuk masuk sekolah.

Pro dan kontra dari berbagai kalangan terkait penolakan tes keperawanan terhadap siswi SMA sederajat ini mencuat setelah adanya pemberitaan terkait rencana Dinas Pendidikan Kota Prabumulih untuk melakukan tes keperawanan terhadap siswi SMA di kota tersebut. Dana tes keperawanan ini akan diajukan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tengah, I Nyoman Slamet SPd, MSi, berpendapat tes keperawanan untuk syarat masuk SMP atau SMA sangat tidak tepat karena menyangkut masalah kemanusiaan.

“Saya lebih mendukung jika masuk SMP maupun SMA itu dites urine untuk tes narkoba ketimbang dites keperawanannya,” katanya.

Pendapat lain juga datang dari salah seorang ibu rumah tangga, Sinta Darmawan. Menurut dia, yang menjadi pertanyaan adalah untuk apa tes tersebut. Apakah tes tersebut, ujar Sinta, berkaitan dengan diterima atau tidaknya seorang siswa masuk sekolah.

“Saya sangat tidak setuju kalau anak-anak gadis yang masuk SMP maupun SMA harus dites keperawanannya. Karena tidak ada korelasi antara keperawanan dengan kepentingan akademik,” Sinta menegaskan.
Menurutnya, semua anak berhak dan mempunyai kesempatan yang sama atas pendidikan. Justru pendidikan moral akan diperoleh di bangku sekolah, selain dari keluarga.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, tengah merencanakan tes keperawanan untuk siswi SMA sederajat. Bahkan, dana tes tersebut akan diajukan pada APBD 2014.

Informasi Akurat Lainnya