Pertanyaan Tentang Payudara Kecil Yang Unik

Dokter, saya mau bertanya, bagaimana memperbesar payudara istri, karena habis melahirkan dan punya anak payudara istri saya menjadi kecil. Sebaiknya tanpa operasi. Terima kasih atas jawabannya.

Payudara wanita terdiri atas jaringan ikat, kelenjar, serta jaringan lemak, yang semua bagian itu dilapisi oleh kulit. Kelenjar dengan bantuan hormon prolactin, menghasilkan susu.

Apabila seorang wanita melahirkan, maka kadar hormon prolactin di dalam tubuhnya akan meningkat dan merangsang kelenjar untuk menghasilkan susu. biasanya hal ini diikuti dengan ukuran payudara yang membesar. tetapi setelah itu memang tergantung dari kondisi payudara itu sendiri, ada yang setelah menyusui ukuran payudara kembali mengecil ke ukuran sebelumnya, ada juga yang tetap pada ukuran seperti saat menyusui.

bila anda berharap payudara istri dapat membesar tanpa operasi, tentunya itu bukanlah hal yang mudah…biasanya perawatan2 yang ada lebih ditujukan pada pengencangan payudara , bukan pembesaran…

tetapi apabila anda ingin mencoba, anda dapat menemui dokter kebidanan dan kandungan , biasanya apabila memungkinkan dokter akan memberikan salah satu alternatif , yaitu terapi yang berkaitan dengan hormon. tetapi tentunya perlu serangkaian pemeriksaan terlebih dahuilu sebelum dapat diberikan terapi tersebut.

semoga informasi yang kami sampaikan dapat cukup membantu anda.

terima kasih.

Dok, ukuran payudara saya tergolong kecil sekitar 32 A. Saya ingin mencoba metode pembesaran dengan vakum payudara seperti yang muncul di iklan (baik manual/elektrik).  Kalau saya menggunakan alat seperti itu, apakah ada efek membesarkan? Bahaya atau tidak dok? Lalu jika bahaya, dengan upaya apa agar ukuran dada saya agak bertambah? Terimakasih…

(Tifani, 23, Bandung)

JAWAB :

Payudara terdiri dari jaringan lemak, kelenjar, dan sedikit otot. Ukuran payudara tentu tergantung pada jaringan yang membentuknya itu. Kalau jarngan lemak bertambah, maka ukuran payudara lebih besar.

Kalau kelenjarnya bertambah, misalnya pada masa hamil, maka ukuran payudara membesar. Perkembangan payudara dipengaruhi oleh hormon.

Oleh karena itu, kalau hormon berkurang, misalnya pada masa menopause, payudara mengecil.

Cara menambah ukuran payudara dengan menggunakan pompa, tampaknya tidak ilmiah. Tidak ada bukti ilmiah yang diterima secara internasional yag menyatakan bahwa cara itu memang benar dapat membesarkan payudara.

Saya pikr Anda memerlukan pemeriksaan, antara lain hormon untuk mengetahui apakah kadar hormon terkait payudara normal atau tidak.

Informasi Akurat Lainnya