Payudara Besar Sebelah Apakah Tak Apa Apa ?

Payudara Besar Sebelah -Tanya: Anak saya (15 bulan) rewel bila menyusu di payudara kanan. Akibatnya, payudara kanan saya mengecil dan ASI kurang. Apakah ASI di payudara kanan saya akan basi? Bagaimana caranya agar payudara tidak besar sebelah dan tetap berisi?

Jawab: Bagus sekali Anda masih terus memberi ASI sampai saat ini. Memang, ada bayi yang lebih suka pada salah satu payudara. Situasi ini dinamakan siding. perlu diketahui bahwa pada dasarnya ukuran payudara wanita tidak pernah sama ukurannya, terutama pada saat pubertas (usia 6 hingga 20 tahun). Walaupun setelah di atas 20 tahun terkadang ukuran payudara sedikit berbeda, tetapi hal ini adalah normal.

Pemeriksaan fisik payudara dengan memperhatikan bentuk dan ukuran adalah sebuah hal yang baik. Hal itu dapat dijadikan sebagai sarana awal untuk melihat kesehatan atas organ payudara. Namun demikian, pemeriksaan lanjutan dengan metode yang sederhana seperti yang telah dikenal sebagai SADARI (Perik-SA Payu-DA-ra Sendi-RI) dapat menjadi acuan dasar.

Hal tersebut dimulai dengan bercermin, melihat payudara, melakukan perabaan dan yang terpenting merasakan apakah terdapat hal yang bersifat berbeda seperti gumpalan, pembengkakan, timbul rasa sakit maupun nyeri atau beberapa kondisi lainnya.

Pada umumnya, dalam hal ukuran yang tidak simetris ini tidak perlu terapi. Kecuali bila ukurannya sangat jelas berbeda atau dalam hal kosmetik, yang penting wanita tahu memeriksa payudaranya sendiri untuk mendeteksi dini adanya tonjolan asing (abnormal).

Bila masih penasaran, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mendapat penjelasan pemeriksaan dan perawatan payudara yang benar. Sekian dan terima kasih. (SC)

Penyebabnya antara lain posisi bayi yang tidak nyaman, terasa nyeri atau sakit dalam posisi salah satu payudara, atau minumnya menjadi tidak efektif pada posisi tersebut. Periksa kembali posisi anak dan coba temukan posisi yang nyaman, bisa dengan berbaring atau setengah duduk.

1.    ASI tidak akan jadi basi selama masih dalam payudara.

2.    Bila sliding berlanjut, payudara akan terlihat tidak sama besar. Agar tidak terlihat tidak sama besar. Agar tidak terlihat terlalu berbeda, perah ASI dari payudara kanan atau coba tawarkan ASI dari payudara kanan saat anak tidka terlalu lapar.

3.    Payudara akan kembali ke ukuran semula setelah ibu berhenti menyusui. Agar lebih kencang, lakukan olahraga untuk melatih otot dada.
dr. Nanis Sacharina, SpA, IBCLC

Informasi Akurat Lainnya