Menteri Terbaik Wanita Indonesia Perempuan Teladan

Siapa menteri terbaik wanita Indonesia ? Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menduduki urutan ke-38 dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia tahun ini.Peringkat Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu yang menempati posisi ke-55.

Forbes mengungkapkan, Sri Mulyani yang memiliki dua tujuan utama yang diperjuangkan di Bank Dunia, yakni memerangi kemiskinan dan memperjuangkan kesejahteraan yang berkeadilan.Sejak bergabung dengan Bank Dunia, dia bertanggungjawab dalam berbagai tugas operasional Bank Dunia, seperti pemberantasan kemiskinan, manajemen ekonomi dan pengembangan sektor swasta.

Sri Mulyani bergabung dengan Bank Dunia pada Juni 2010. Selama periode tersebut, dia dinilai berhasil menuntun kebijakan ekonomi bagi salah satu negara terbesar di Asia Tenggara, untuk melewati krisis ekonomi global, menerapkan reformasi kunci, pemberantasan korupsi. Selain menjadi Menteri Keuangan, dia juga pernah memimpin Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Selain itu, dia pernah menjadi direktur eksekutif di International Monetary Fund (IMF). Lulusan Universitas Indonesia (UI) ini, pernah menjadi profesor tamu di Andrew Young School of Public Policy di Georgia State University.

Dia merupakan sarjana di bidang ekonomi lulusan University of Illinois dan BA di bidang ekonomi dari UI. Dia telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Menteri Euromoney Magazine Global Finance of the Year, dan Emerging Markets Terbaik Menteri Keuangan di Asia.

Di tempat terpisah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujui permohonan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia.

“Saya setuju, catatan sebelum menempati posisi baru, rampungkan tugas di dalam negeri,” ujar Presiden dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, 5 Mei 2010. SBY menjelaskan terhadap ini semua menyampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia.Menurut SBY, Indonesia telah kehilangan salah satu menteri terbaik, menteri keuangan karena harus pindah tempat dari jajaran kabinet RI kedua yang kemudian mengabdi di bank dunia.

Dia menilai selaku menkeu, Sri Mulyani telah bekerja keras untuk menangani fiskal yang tepat, gigih mendisiplinkan anggaran dan tanggung jawab keuangan di APBN, serta reformasi di pajak dan bea cukai sehingga perolehan negara meningkat secara signifikan.

“Sri Mulyani juga menjadi ujung tombak dalam diplomasi internasional, dalam forum G-20,” katanya. Menurut dia, pada saat krisis ekonomi global pada 2008, Indonesia juga terkena dampak. Menkeu bersama jajaran pemerintah bekerja keras menyelamatkan ekonomi kita dari dampak perekonomian global.

Informasi Akurat Lainnya