Kondisi Payudara Yang Terus Mengecil Tanpa Aturan

Payudara perempuan dalam kondisi tertentu akan menjadi lebih besar secara alami sehingga terlihat lebih berisi. Namun di suatu massa, payudara juga bisa mengecil. Kapan hal ini terjadi?

Payudara perempuan bisa membesar secara alami saat menjelang kehamilan dan menyusui bayi. Artinya wanita siap memberikan bayinya nutrisi yang amat penting bagi perkembangan fisik dan mentalnya, yaitu ASI. Setelah masa menyusui berakhir, payudara akan kembali ke ukuran semula.

“Payudara membesar karena ada berkembangnya jaringan yang menghasilkan air susu. ASI sudah diproduksi semenjak usia kehamilan 7 bulan. Kehamilanlah yang membuat payudara membesar, bukan karena menyusui bayi,” kata dr Utami Roesli, SpA, dokter spesialis anak sekaligus ketua Sentra Laktasi Indonesia kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (7/11/2012).

Pada tahap awal kehamilan, aerola payudara akan berwarna lebih gelap dan puting juga membesar agar memudahkan bayi untuk menemukan sumber makanannya. Meningkatnya kadar hormon juga akan merangsang pertumbuhan dan perluasan jaringan payudara yang merupakan penghasil susu.

Pada trimester kedua kehamilan, payudara mulai memproduksi dan menyimpan kolostrum, yaitu cairan susu yang kental berwarna kekuningan untuk memberi makan bayi selama beberapa hari pertama kelahiran. Kolostrum mengandung zat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi bayi dari infeksi.

Pada minggu ke-16 kehamilan, payudara sudah siap menyusui. Kondisi ini merupakan antisipasi bagi bayi prematur agar bisa bertahan hidup dengan ASI yang telah kaya protein, zat besi, sodium, lemak dan sifat anti-infeksi. Pada minggu ke-24, aliran darah ke payudara berlipat ganda dan akan terus stabil sampai persalinan.

Membesarnya payudara saat kehamilan disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Untuk mempermudah pengeluaran ASI setelah persalinan, ibu hamil sebaiknya sering memijit-mijit payudaranya. Apabila jalan keluarnya ASI terhambat, cairan susu bisa tertahan dan menyebabkan bengkak serta memicu infeksi.

Informasi Akurat Lainnya