Cara terbaik merawat tubuh setelah mandi

Cara terbaik merawat tubuh setelah mandi -Banyak yang tidak menyadari, tubuh yang kian menua, meminta perlakuan yang berbeda. Dan ini pun berlaku juga untuk kulit. Bertambahnya usia, membuat kelenjar minyak yang berfungsi menjaga kelembaban kulit tak lagi berproduksi sempurna. Akibatnya, kulit terasa mengasar dan kering.

Tak ada jalan lain, mandi harus menjadi ritual yang penting, terutama perawatan usai mandi, agar kulit tak cepat menjadi kering mengusam.

Untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit, usahakanlah selalu memakai body oil usai mandi. Ingat, balurilah, urut dengan lembut, selutuh tubuh dengan body oil, mulai kaki, naik ke ke leher dan tangan dengan melewati badan, sampai ujung telinga. Dan satu yang utama, buanglah kebiasaaan menggunakan bedak atau talk, yang sebenarnya memiliki efek untuk melebarkan pori-pori dan cenderung mengeringkan kulit.

Berikut beberapa bagian tubuh yang harus mendapatkan perhatian lebih, perawatan yang intens seusai mandi.

Tangan dan kuku. Perawatan tangan dan kuku merupakan pekerjaan harian yang cukup melelahkan. Sesungguhnya, waktu ideal untuk manikur atau pedikur ini adalah setelah berendam mandi ketika kuku dan kulit sedang mengalami pelembutan. Hal itu akan membuat mudah bagi kita untuk mebersihkan kotoran kuku, bahkan tanpa harus memotongnya. Tarik dan tegangkan jari Anda, pijat pinggiran kuku dengan body oil. Lakukan dengan lembut dan ulangi beberapa kali, dengan pijatan memutar.

Cara perawatan kuku yang menyehatkan adalah menggosok kuku dengan inti buah aprikot, minyak jojoba atau wheatgerm. Sapulah tangan dengan campuran pelembut yang terdiri atas satu sendok makan minyak almond manis dan lima tetes patchouli, lavender, dan lemon. Lakukan lebih sering, untuk membuat kuku dan tangan Anda bersih dan lembut.

Kaki. Inilah bagian yang paling seringkali kita telantarkan. Acap kita menyadarinya, justru ketika tumit menebal dan atau mengelupas, luka.

Untuk perawatannya, sapu atau semirlah kulit keras di sekitar tumit dan telapak kaki dengan segenggam garam basah atau dengan mengasahkan sebuah batu apung di atasnya. Ketika Anda sedang di bak mandi, atau dalam posisi duduk, bengkokkan kaki Anda, pegang ujung jari kaki dan pijatlah dengan gerakan yang mengarah ke atas, mulai dari jari sampai ke tumit. Untuk merangsang aliran darah dan membuat kaki lebih cepat rileks, gerak-gerakkan jari-jari kaki Anda, lalu naikkan posisi paha lebih tinggi. Anda dapat menambah efek pijitan ringan tadi dengan bauran body oil.

Untuk keperluan dedorizing dan merilekskan kaki, Anda dapat campurkan 3 tetes cypress oil (semacam pohon cemara) dan lavender dalam sebaskom air. Rendam kaki Anda, dan pijatlah perlahan. Kaki yang bengkak karena kedinginan dapat dirawat dengan bahan pijatan yang terdiri atas campuran 3 tetes geranium, setetes lavender dan rosemary dalam sebuah sendok makan minyak berbasis almond manis. Gampang kok, semua bahan bisa Anda dapatkan di body shop.

Sikut. Sikut dapat segera membentuk lapisan pelindung yang keras berwarna abu-abu, tak terlihat seperti kulit. Pelembut yang baik untuk sikut yang keras adalah minyak almond manis dan oatmeal scrub (bahan gosokan dari makanan yang mengandung gandum). Campurkan tiga sendok makan minyak almond manis dengan tiga sendok makan oatmeal, dan campurkanlah hingga menjadi sebuah pasta dengan susu segar atau yoghurt.

Usapkan dan gosok dengan lembut ke seluruh bagian sikut dan bagian tubuh lainnya yang sejenis (berwarna abu-abu), wilayah kulit sekitar lengan atas. Tambahkan enam tetes adas jika lengan masih terasa lembek.

Sedangkan resep tradisonal lainnya yang bisa dipakai dalam perawatan sikut adalah dengan menggunakan lemon. Potonglah sebuah lemon menjadi dua bagian. Peras airnya. Kemudian cekungan setengah lemon tersebut digosokkan ke sikut, perlahan-lahan. Pasti ada hasilnya, kan?

Punggung. Balurkan body oil secara merata, dan pijatlah dengan gerakkan memutar, mulai dari tengkuk sampai ke sisi pinggang Anda. Fokuskan pijatan ringan pada bagian pinggang, karena kulit bagian ini “bekerja” lebih berat dari bagian lain. Anda dapat meminta bantuan teman atau suami, untuk bagian dalam punggung. Ingat, pijatan mengarah ke sisi luar tubuh dengan gerakan memutar. Lebih baik hanya menggunakan ibu jadi dan jempol selama melakukan pemijatan.

Informasi Akurat Lainnya