Cara Memperpanjang Bulu Mata Yang Mudah Rontok

Memperpanjang bulu mata bisa dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan bahan-bahan alami sampai pada aplikasi tertentu yang bisa diterapkan pada bulu mata. Bila Anda tertarik untuk memanjangkan bulu mata, simak macam-macam caranya di bawah ini.

•    Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah lama diketahui mengandung banyak mineral dan vitamin seperti vitamin E yang sangat berguna bagi rambut maupun bulu mata. Cara menggunakannya pun sangat muda, Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ini ke bulu mata Anda menggunakan kuas khusus bulu mata seperti ketika menggunakan maskara. Lakukan dengan sangat hati-hati.

Memakai minyak zaitun seperti ini lebih baik dilakukan saat malam hari menjelang tidur. Barulah pada keesokan harinya, basuh bulu mata Anda dengan air bersih. Lakukan secara teratur dan bulu mata Anda akan sehat, tumbuh lebih cepat dan lebih baik, dan bisa terlihat lebih tebal.

•    Minyak Kemiri

Fungsi minyak kemiri tak jauh beda dengan minyak zaitun. Selain bisa memanjangkan bulu mata, minyak kemiri juga melebatkan dan membuat bulu mata Anda lebih sehat.

Untuk cara penggunaannya sama dengan minyak zaitun. Gunakan secara perlahan dan hati-hati dan pakai sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal, lakukan treatment ini secara teratur.

•    Eyelash Enhancer

Selain bahan alami seperti minyak zaitun dan minyak kemiri, saat ini banyak sekali produk-produk kosmetik yang memang dibuat untuk memanjangkan bulu mata. Eyelash enhancer atau pemanjang bulu mata ini mirip dengan maskara, terbuat dari serum/formula tertentu dengan bahan dasar peptida (penyusun protein).

Seperti yang telah kita ketahui, rambut adalah bagian tubuh yang hampir 100% disusun oleh protein, tak terkecuali dengan bulu mata. Dengan mengaplikasikan bahan protein pada bulu mata, maka pertumbuhan bulu mata bisa lebih cepat.

Ada banyak merk kosmetik yang sudah mengeluarkan produk pemanjang bulu mata dengan harga yang bervariasi. Rata-rata hasil pemakaian eyelash enhancer ini akan terlihat setelah 1-3 minggu. Namun Anda pun perlu hati-hati, sebaiknya pilih merk pemanjang bulu mata yang sudah terpercaya dan memang sudah terbukti keunggulannya.

•    Meminimalisir Maskara dan Eyeliner

Selain mengaplikasikan berbagai bahan atau produk pada bulu mata, cara memanjangkan bulu mata yang juga harus Anda perhatikan adalah dengan menjaga kebersihannya. Bila bulu mata Anda bersih dan sehat, pertumbuhannya jelas tidak akan terganggu.

Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan maskara dan eyeliner, karena bagaimanapun juga bahan kimia tidak terlalu baik bagi kesehatan anggota tubuh, termasuk bulu mata. Bila sudah terbiasa memakai maskara dan eyeliner, jangan malas untuk membersihkannya, terutama menjelang tidur. Jangan lupa bahwa Anda juga harus mengenakan maskara dan eyeliner yang berkualitas.

•    Kurangi Pemakaian Pelentik Bulu Mata

Memakai pelentik atau penjepit bulu mata memang kerap dilakukan oleh wanita ketika merias diri. Namun pelentik bulu mata inipun punya efek samping tersendiri, sama seperti rambut yang mendapat treatment macam-macam, pertumbuhannya pasti akan terganggu, dan pemakaian produk pemanjang bulu mata pun bisa jadi sia-sia.

Bulu Mata Palsu

Apakah cara untuk memanjangkan bulu mata hanya bisa dilakukan dengan metode penggunaan bahan alami atau serum tertentu? Tentu saja tidak. Ada cara yang cukup singkat yang bisa Anda lakukan untuk membuat bulu mata Anda terlihat lebih panjang dan lentik, yaitu dengan memanfaatkan bulu mata palsu yang sudah sangat umum di dunia kecantikan.

Pemakaian bulu mata palsu pun tidak boleh sembarangan. Anda harus mengerti betul bagaimana langkah-langkahnya agar pemakaian bulu mata ini tidak merusak bulu mata asli atau malah membuat mata Anda iritasi. Untuk lebih jelasnya, simak tips-tips memakai bulu mata palsu berikut ini.

Pilih bulu mata palsu yang sesuai dengan kelopak Anda, baik panjang bulu mata maupun lebarnya, jadi saat dipakai bisa pas dengan kelopak mata Anda.
Sebelum memakai bulu mata palsu, ada baiknya untuk melentikkan bulu mata dengan penjepit bulu mata. Hal ini bertujuan agar bentuk bulu mata asli Anda dan bulu mata palsu bisa seragam.
Rekatkan bulu mata palsu secara hati-hati di garis kelopak mata atau pangkal pertumbuhan bulu mata. Setelah direkatkan, agak ditekan agar lem pada bulu mata palsu bisa benar-benar menempel pada kelopak mata.
Tak jarang lem bulu mata palsu memiliki daya rekat yang kurang, dan biasanya untuk mengatasi hal ini Anda harus menggunakan lem bulu mata yang bisa Anda dapatkan di toko-toko kosmetik. Untuk penggunaan lem bulu mata inipun Anda harus hati-hati, jangan menggunakan terlalu banyak apalagi sampai terkena bulu mata asli Anda.
Langkah terakhir, beri sentuhan maskara agar bulu mata asli dan bulu mata palsu bisa terlihat menyatu. Gunakan pula eyeliner untuk menyamarkan batas/pangkal bulu mata palsu yang mungkin terlihat.
Untuk melepas bulu mata palsu, gunakan baby oil agar lem pada kelopak mata terlepas dengan sendiri. Jangan buru-buru mencabut bulu mata palsu Anda agar kulit kelopak tidak mengalami iritasi.
Eyelashes Extension

Selain menggunakan bulu mata palsu, cara lain untuk membuat bulu mata Anda terlihat lebih panjang adalah dengan melakukan eyelashes extension atau penyambungan bulu mata.

Sama seperti bulu mata palsu, langkah yang satu ini bukan termasuk cara memanjangkan bulu mata karena sejatinya eyelashes extension juga menggunakan bulu mata palsu untuk ditambahkan ke bulu mata asli Anda.

Melakukan eyelashes extension umumnya menghasilkan bulu mata yang tampak lebih natural ketimbang memakai bulu mata palsu. Karena biasanya eyelashes extension menggunakan bulu mata satuan yang direkatkan satu persatu ke kelopak mata.

Bila Anda tertarik, Anda harus mendatangi ahli kecantikan dengan mengunjungi salon-salon yang sudah terpercaya kualitasnya.

Saat ini cukup banyak salon-salon kecantikan yang menyediakan jasa eyelashes extension. Biasanya mereka akan memeriksa bulu mata Anda terlebih dahulu, salah satunya mengukur panjang bulu mata, sehingga nantinya bulu mata palsu yang ditambahkan ke kelopak mata Anda bisa seragam dengan bulu mata asli Anda.

Lama pengerjaan eyelashes extension bisa memakan waktu cukup lama karena butuh ketelitian tinggi. Untuk daya tahannya, biasanya bulu mata hasil extension ini akan bertahan sekitar satu bulan.

Berbeda dengan bulu mata palsu, bulu mata hasil extension ini umumnya aman dari air, bahkan Anda bebas berenang tanpa takut bulu mata lepas dan semacamnya.

Informasi Akurat Lainnya